Kamis

Beda Laki-laki danPerempuan



A.    PERBEDAAN MATA LAKI-LAKI dan PEREMPUAN
Menurut buku Why Men Don’t Listen and Women Can’t Read Maps karangan Allan dan Barbara Pearce, ada beberapa perbedaan antara mata laki-laki dan perempuan. Ini berhubungan dengan biologi dan kebiasaan yang berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu.
ü  Pandangan Perempuan Lebih Melebar, Pandangan Laki-Laki Lebih Tajam

Laki-laki sering kepergok sedang melirik perempuan yang lewat disebelahnya. Padahal, perempuan pun juga sering kok mengagumi laki-laki tampan yang kebetulan melintas. Bedanya, perempuan tidak perlu menoleh karena jangkauan pandangnya lebih dari 180 derajat. Ini karena mata perempuan punya lebih banyak jenis kerucut dalam retinanya. Ukuran mata laki-laki lebih besar dari pada mata perempuan, dan otak menyusunnya seperti sebuah terowongan. Artinya, laki-laki dapat melihat lebih jelas, lebih tepat, dan lebih jauh dibanding perempuan.

ü  Laki-Laki Lebih Bisa Melihat Di Dalam Gelap
Pada malam hari lebih baik jangan serahkan tugas menyetir pada perempuan.Karena ternyata laki-laki memang lebih mahir melihat di dalam gelap dibandingkan perempuan.Selain itu laki-laki juga mempunyai kemampuan spasial yang lebih baik di otak kanannya. Sebaliknya, perempuan biasanya kesulitan melihat jarak jauh di dalam kegelapan. Kemampuan ruang yang terbatas juga menyebabkan sebagian besar perempuan sulit menentukan arah laju kendaraan lain di malam hari.
ü  Mata Perempuan Bisa Melihat Lebih Banyak
Sejak ribuan tahun yang lalu, otak laki-laki dipersiapkan untuk berburu. Laki-laki harus bisa melihat banyak hal dalam area yang sempit. Otak secara otomatis menyempitkan penglihatan supaya bisa memusatkan perhatian pada suatu hal khusus. Pada perempuan tidak demikian halnya. Otak perempuan terprogam untuk mengolah semua informasi visual yang masuk di lingkup yang lebih luas. Inilah kenapa perempuan lebih mudah mencari barang hilang dibanding laki-laki, karena otaknya bisa memproses ebih banyak gambar dalam satu waktu dibanding laki-laki.

B.      GAYA BICARA LAKI-LAKI dan PEREMPUAN
Laki-laki dan perempuan sama-sama saling bicara, tapi untuk apa wanita bicara dan untuk apa laki-laki bicara? Ada perbedaan yang cukup signifikan, termasuk juga gaya mereka. Apa saja perbedaan gaya laki-laki dan perempuan dalam berbicara?

ü  Laki-Laki Pendiam dan wanita Lebih Cerewet
Bagi laki-laki diam adalah waktu istirahat dan berkonsentrasi dalam memecahkan masalah. Laki-laki memecahkan masalah dengan menyerap informasi lalu mengolah informasi itu dengan diam, sedangkan perempuan memecahkan masalah dengan menyebutkan ulang semua informasi dan melakukan tahapan analisa dengan mengeluarkan suara ( banyak bicara ).
Biarkanlah laki-laki untuk tetapdiam. Jangan ajak ia untuk bicara, karena hal itu akan mengganggu masa istirahatnya dan mengganggu konsentrasinya. Bagi perempuan, banyak bicara justru untuk melepas emosinya. Biarkanlah ia tetap berbicara, dan jangan berprasangka buruk dan terpancing emosi dengan ungkapan yang terkesan berlebihan. Jadilah pendengar yang baik, karena dengan bicara perempuan akan stabil emosinya dan menjadi rilek serta mampu memecahkan masalahnya.
ü  Kuantitas Kosakata, Bahasa Tubuh dan Suara
Dikutip dalam detikhealth ada perbedaan signifikan dalam gaya bicara laki-laki dengan perempuan. Laki-laki memakai sekitar 2.000 sampai 4.000 kata, 1.000 sampai 2.000 suara dan 2.000 sampai 3.000 bahasa tubuh. Jika dijumlahkan maka ada sekitar 9.000 kata, suara dan bahasa tubuh yang digunakan. Sedangkan perempuan menggunakan 6.000 ampai 8.000 kata, 2.000 sampai 3.000 suara dan 8.000 sampai 10.000 bhasa tubuh. Jika dijumlahkan maka kira-kira ada sekitar 21.000 kata suara dan bahasa tubuh yang digunakan perempuan setiap hari. Woww..!!
ü  Alasan Laki-Laki dan Perempuan Bicara
Laki-laki dan perempuan mempunyai alasan yang berbeda untuk berbicara. Perempuan berbicara untuk mengurangi stress dan menjalin komunikasi dengan teman atau sahabatnya. Mereka mendengarkan apa yang orang lain katakan dan mereka bisa bicara dan mendengar pada saat yang bersamaan. Sedangkan laki-laki berbicara untuk mengubah fakta dan menunggu giliran untuk bericara.
C.    BAHASA TUBUH SAAT SALING JATUH CINTA
Cinta adalah isyarat yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Ia tersembunyi dan berada di kedalaman hati seseorang dan sulit untuk diungkapkan. Meskipun begitu, isyarat getar-getar cinta itu bukannya tak bisa dikenali gejalanya yang ternyata antara laki-laki dan perempuan berbeda.
ü  Pria Menatap Lebih Sering
Wanita memiliki bahasa tubuh yang lebih banyak dari pada pria saat mengungkapkan cinta. Pria lebih sederhana dan terbuka dalam mengungkapkan perasaannya. Ketika mereka menyukai seorang wanita, maka kebanyakan pria memilih untuk menatap matanya lebih banyak dibanding biasanya. Dan tatapan itu bisa penuh makna.
ü  Pria Bicara Lebih Pelan dan Terbuka
Perilaku pria yang sesungguhnya jika berkumpul dengan teman-temannya lebih energik ditandai dengan tertawa terbahak-bahak hingga terlihat langit-langit mulutnya. Tetapi ketika berhadapat dengan wanita yang dicintainya, ia seperti buaya yang tenang, bicara lebih pelan dan hati-hati. Ia sering merayu dan menggombal, tapi rayuan dan gombalan itu takkan kita temui lagi saat sudah menikah.
ü  PriaLebih Agresif Dalam Melindungi
Salah satu cara melindungi adalah ketidaksengajaan untuk lebih sering memegang tangan. Biasanya keinginan menyentuh tangan itu maksudnya untuk melindungi.
ü  Rona Merah Pada Wajah Cantiknya
Jika mata adalah jendela hati, maka wajah adalah gurat warna-warni yang tersirat dalam perasaan anda. Ketika seorang wanita tengah jatuh cinta, bisa jadi wajahnya akan bersemu merah karena malu untuk mengatakannya, atau ia akan menyunggingkan senyum manisnya atau bahkan ia menjadi salah tingkah.
ü  Si Cerewet yang Gagu Tiba-Tiba
Wanita yang biasanya lebih cerewet dan seringkali mengungkapkan kekesalannya dengan banyak bicara tiba-tiba menjadi lebih pendiam dan tidak minat bicara, Untuk itulah seringkali seorang pria sulit mengerti apakah wanita itu jatuh cinta atau tidak karena memang seorang wanita sulit untuk mengungkapkannya.
D.    MEMAHAMI CINTA ANTARA LAKI-LAKI dan PEREMPUAN
Ada sebuah buku berjudul” Women an Intimate Geography” yang ditulis oleh Natalie Angier, yang di dalamnya disebutkan, “ Cinta adalah perasaan yang universal sehingga akan selalu ada sampai kapanpun manusia itu ada. Sejak kecil manusia sudah diajarkan untuk mengenal cinta, walaupun penerapannya berbeda setelah manusia tersebut menginjak dewasa. Itulah sebabnya mengapa pengertian cinta antara dua insan pada akhirnya juga menjadi berubah dan berbeda.” Lalu apa bedanya?
ü  Perempuan Butuh Kesetiaan, Laki-Laki Butuh Dikagumi.
            Jika perempuan merasa dirinyalah yang terpenting dalam kehidupan lelaki yang dicintainya, maka dengan mudah dia akan memberikan kekagumannya. Begitu pula sebaliknya, bila lelaki merasa dikagumi, dia akan merasa cukup ikhlas untuk menyanjung dan membaktikan dirinya.
ü  Perempuan Butuh Perhatian, Laki-Laki Butuh Kepercayaan.
            Perempuan yang menerima perhatian sekecil apapun akan merasa istimewa dan dicintai. Sedangkan lelaki menganggap jika perempuan yang dicintainya memberikan kepercayaan kepadanya, berarti perempuan tercintanya meyakini bahwa lelaki tersebut telah melakukan yang terbaik begi mereka berdua.
ü  Perempuan Butuh Ketegasan, Laki-Laki Butuh Persetujuan.
            Setiap pasangan yang akan memulai hubungan, biasanya setelah lelaki menerima persetujuan yang dibutuhkan, dia jadi lebih mudah untuk menghargai perasaan kekasihnya. Sedangkan perempuan akan lebih merasa dicintai jika pria yang dicintainya memberikan bukti untuk menegaskan keabsahan hubungan mereka. Karena kala perempuan jatuh cinta, ia mulai dengan kekhawatiran, ketakutan dan prasangka-prasangka.
ü  Perempuan Butuh Dihormati, Laki-Laki Butuh Penghargaan.
            Perempuan merasa dihormati bila lelaki menanggapinya dengan mengutamakan harapan, kebutuhan dan perasaan wanita. Namun bagi lelaki, jika usahanya dihargai, ia akan tahu bahwa usahanya tidak sia-sia. Hal tersebut bisa mendorong lelaki untuk bisa berbuat lebih banyak, otomatis lebih bersemangat dan terdorong untuk lebih menghormati pasangannya.
ü  Perempuan Butuh Pengertian, Laki-Laki Butuh Penerimaan.
            Lelaki hampir selalu bisa mendengarkan tanpa menghakimi dan dapat memberikan empatinya pada perempuan. Sikap lelaki yang lebih mudah memahami ini bukan didapat dari mengetahui pikiran atau perasaan seorang perempuan. Hal ini karena lelaki selalu berusaha mengumpulkan makna-makna dari apa yang dia dengar dan dia lihat untuk membenarkan apa yang disampaikan. Bila perempuan dengan menerima lelaki tanpa berusaha mengubahnya, barulah lelaki merasa bahagia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar